Menjaga Kesehatan Organ Pernafasan agar Tetap Sehat

Menjaga Kesehatan Organ Pernafasan agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan organ pernafasan-Organ pernafasan adalah organ yang membantu proses mengambil udara (oksigen) dan mengeluarkan udara (karbondioksida) dari dalam tubuh.  Ketika manusia melakukan proses pernafasan, ada beragam organ yang berperan, utamanya hidung, saluran pernafasan, dan paru-paru.  Hidung merupakan organ terluar yang berfungsi untuk menghirup dan mengeluarkan udara.

Saluran pernafasan adalah saluran yang digunakan untuk jalan masuk dan keluarnya udara dari hidung menuju paru-paru.  Sedangkan paru-paru adalah tempat terjadinya proses pernapasan yang berupa pertukaran oksigen dan karbondioksida.  Pernafasan kita bisa terus lancar jika organ pernafasan kita sehat dan tidak mengalami penyakit. Bagaimana cara mengupayakannya?

Yuk, cari tahu cara menjaga kesehatan organ pernafasan manusia!

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernafasan

Menjaga kesehatan organ pernafasan

1. Olahraga

Cara menjaga kesehatan organ pernafasan yang pertama adalah dengan melakukan olahraga rutin. Olahraga merupakan kegiatan yang harus kita lakukan secara rutin untuk menyehatkan tubuh.  Sebab, tidak hanya otot dan alat gerak yang sehat, organ-organ pernapasan kita juga dapat terhindar dari gangguan saat rutin berolahraga.

Contoh olahraga yang dapat menyeharkan organ pernapasan antara lain bersepeda, berlari, berjalan kaki, atau angkat beban.  Pada dasarnya, olahraga di atas dapat membantu kita mendapatkan suplai oksigen yang cukup, napas lebih panjang, dan terhindar dari napas tersengal-sengal.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Beberapa jenis gangguan pernapasan dapat terjadi ketika kita menghirup udara yang tercemar.  Udara dapat tercemar bahan kimia berbahaya, bakteri dan virus penyebab penyakit, misalnya influenza, COVID-19, dan paru-paru basah.

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan organ pernapasan sekaligus mencegah udara tercemar adalah dengan memastikan lingkungan kita bersih.  Bersihkan barang-barang di sekitar kita secara rutin, ganti handuk, sarung bantal, sprei, dan sudut-sudut ruangan agar terhindar dari kuman dan virus.  Selain itu, perhatikan juga saluran sirkulasi udara dengan sering membukanya, sehingga dari luar dapat masuk ke rumah.

Jika kamu masih sering malas membuka pintu dan jendela, mulailah untuk membukanya dari sekarang. Itu dilakukan supaya oksigen bisa sampai ke seluruh sudut ruangan di rumahmu, sehingga kamu lebih sehat.

3. Tanam Tumbuhan

Teman-teman pasti sudah tahu bahwa tumbuhan merupakan salah satu sumber oksigen di dunia.

Nah, oksigen yang kita hirup berasal dari hasil fotosintesis yang sempurna, biasa terjadi pada tanaman hijau yang mengandung banyak klorofil. Kita bisa menanam dan merawat tanaman di sekitar rumah agar lingkungan menjadi kaya akan oksigen. Beberapa jenis tumbuhan juga membantu menyaring udara kotor, lo, misalnya kaktus. Dengan menanam tumbuhan, organ pernapasan kita bisa tetap sehat.

4. Perbaiki Pola Makan

Selama ini, banyak orang mengira makanan yang sehat hanya bermanfaat untuk menyehatkan organ pencernaan.  Padahal, ada beberapa makanan yang cocok untuk menyehatkan organ-organ pencernaan kita, seperti paru-paru, lo.  Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi buah atau sayur.

Contohnya, mengonsumsi apel untuk mencegah terjadinya penyakit dalam seperti kanker paru-paru. Mengonsumsi tomat secara rutin juga dapat mengurangi peradangan saluran napas pada penderita penyakit asma.  Sayuran hijau seperti brokoli, mengandung vitamin C dan karotenoid yang melawan unsur perusak pada paru-paru.

5. Lindungi Diri dari Polusi

Ketika kamu berada di luar ruangan yang terdapat banyak polusi, sebaiknya lindungi diri dengan masker.  Udara kotor dan zat-zat kimia yang ada di udara kotor dapat menimbulkan infeksi untuk paru-paru.

Ada banyak penyebab kontaminasi udara, misalnya seperti debu, spora dan jamur di udara, asap rokok, pestisida, desinfektan, dan parfum.  Kontaminasi udara tersebut mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan gejala kualitas udara yang buruk.  Masker saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk semua orang agar terlindung dari penyakit paru-paru.

6. Minum banyak air putih

Banyak minum air putih adalah salah satu cara menjaga organ pernapasan paling sederhana. Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyumbat maupun menimbulkan gejala gangguan pernapasan.

7. Tidak merokok

Kebiasaan yang paling bayak menyebabkan kerusakan organ pernapasan adalah merokok. Jadi, salah satu cara menjaga organ pernapasan yang paling efektif adalah dengan tidak merokok. Tahukah kamu jika kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia? Jadi, jika kamu tidak ingin terhitung sebagai bagian statistik dalam angka kematian akibat kanker paru-paru, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini.

8. Memeriksakan kesehatan secara berkala

Terakhir, cara menjaga organ pernapasan yang belum banyak orang lakukan adalah menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala atau regular medical check up. Kebanyakan orang baru datang ke dokter ketika sudah ada keluhan. Padahal, pemeriksaan kesehatan secara berkala bisa membantu mendeteksi berbagai penyakit pernapasan. Sebab, tidak sedikit penyakit di sistem pernapasan kita yang tidak menimbulkan gejala dan baru akan terasa sakit ketika kondisinya sudah parah. Ada banyak cara menjaga organ pernapasan yang bisa kita lakukan, dan kebanyakan berupa langkah-langkah sederhana yang mudah untuk ditiru.

9. Minum banyak air putih

Banyak minum air putih adalah salah satu cara menjaga organ pernapasan paling sederhana. Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyumbat maupun menimbulkan gejala gangguan pernapasan.

10. Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan. Beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan antara lain adalah:

  • Vitamin
  • A Vitamin
  • C Vitamin
  • E Zinc
  • Kalium
  • Selenium
  • Magnesium
Kesehatan