Cara Mengurangi Mata Minus, Cegah Minus Bertambah

Cara Mengurangi Mata Minus, Cegah Minus Bertambah

Cara Mengurangi Mata Minus, Mata adalah salah satu organ yang penting bagi manusia. Mata berfungsi untuk melihat benda-benda serta menangkap informasi di sekitar manusia. Namun mata bisa mengalami gangguan kesehatan yang mempengaruhi fungsi penglihatan. Salah satu gangguan pada mata adalah mata minus atau rabun jauh, dalam dunia kedokteran, kondisi ini juga disebut dengan miopia.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya.

Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi tiga, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D).

Penyebab Mata Minus

Mata minus biasanya dimulai pada masa kanak-kanak, dan Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi jika orang tua Anda juga menderitanya. Dalam kebanyakan kasus, mata minus muncul pada awal masa dewasa tetapi kadang-kadang terus berkembang seiring bertambahnya usia.

Berikut adalah beberapa penyebab mata minus:

1. Jarak yang terlalu dekat pada waktu membaca buku, menonton televisi, bermain bermain di depan layar hp/komputer dan sebagainya.

2. Genetik atau keturunan.

3. Terlalu lama beraktivitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan berkas, dan lain-lain. Mata membutuhkan istirahat yang teratur dan cukup agar tidak terus berkontraksi secara monoton.

4. Kebisaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah matahari langsung yang silau, menatap sumber terang langsung, dan lain sebagainya.

5. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok dengan mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti terlalu lama memakai helm, terlalu lama memakai kacamata/lensa kontak yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.

6. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu dipaksakan. Vitamin A, betakaroten, alpukat merupakan beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, beberapa faktor yang diduga dapat juga menjadi penyebab mata minus adalah usia, status gizi, onset miopia, tekanan intraokular, stress dan faktor sosial ekonomi. Untuk mencegah mata minus sejak dini, sebaiknya Anda menghindari melakukan hal-haldi atas yang menjadi penyebab mata minus.

Cara Mengurangi Mata Minus

1. Memfokuskan Penglihatan Menggunakan Telunjuk

Memfokuskan penglihatan pada satu titik merupakan satu di antara cara untuk mengurangi mata minus. Untuk melakukan latihan ini, Anda dapat menggunakan jari telunjuk sebagai titik.

Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan telunjuk 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan ke arah telunjuk, kemudian alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Lakukan hal ini dengan hanya melirik tanpa menggeserkan kepala dan ulangi hingga 10 kali sehari.

2. Senam Mata

Selain melatih fokus menggunakan telunjuk, mengurangi mata minus dapat di lakukan dengan melakukan latihan senam mata. Mata yang lelah dapat membuat risiko mata minus makin besar.

Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik. Caranya cukup dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi bola mata.

3. Menjemur Mata di Pagi Hari

Sinar matahari di pagi hari ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan tulang, tetapi juga bagus untuk kesehatan mata minus. Melakukan kegiatan menjemur mata di pagi hari merupakan satu di antara cara yang bisa di lakukan untuk mengurangi mata minus.

Lakukan kegiatan ini dengan cara menutup kedua mata dan arahkan mata ke arah matahari hingga terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari supaya asupan vitamin D dapat tercukupi.

4. Teknik Eye Palming

Selain menjemur mata di bawah matahari pagi, Anda juga dapat melakukan teknik eye palming. Teknik eye palming ini di lakukan dengan cara menggosokkan kedua tangan hingga terasa hangat dan tutupi mata menggunakan kedua tangan tersebut. Teknik ini dapat Anda lakukan kapan saja saat Anda merasa mata dalam kondisi lelah.

5. Terapi Lilin

Terapi lilin merupakan cara tradisional yang dapat Anda coba untuk mengurangi mata minus. Menggunakan lilin di percaya dapat menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Cara melakukannya yaitu dengan menyalakan lilin dan menatap cahaya tersebut selama beberapa menit. Usahakan untuk tidak berkedip dan lakukan sampai air mata keluar. Jika air mata sudah keluar, hentikan dan ulangi keesokan harinya. Namun, tidak di anjurkan untuk melakukan terapi lilin ini dengan frekuensi yang sering.

6. Lakukan Latihan Indian Trataka

Latihan ini dapat membantu mata dan pikiran Anda untuk tetap fokus. Tujuan dari latihan ini adalah untuk mencapai gambaran yang jelas tentang sesuatu sebelum mata Anda mengalami kelelahan.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu duduk di ruang terbuka dan menatap objek kecil, misalnya lilin. Fokuskan mata dan perhatian Anda pada lilin tersebut, serta coba untuk tidak berkedip. Rekamlah setiap detail dari lilin itu pada memori Anda. Kemudian tutup mata Anda dan coba untuk mengingat setiap detail dari lilin yang telah Anda lihat tadi. Anda dapat melakukan latihan ini selama 10 menit.

7. Konsumi Wortel dan Buah Bit

Banyak mengonsumsi wortel membuat minus pada mata Anda akan berkurang. Cara ini sangat umum di gunakan oleh masyarakat karena mudah dan aman. Vitamin A npada wortel ini sangat baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi dua gelas jus wortel sehari selama satu bulan dapat membantu mengurangi mata minus.

Selain wortel, buah bit juga di percaya bagus untuk mengurangi mata minus secara alami. Anda dapat meminum jus buah bit dengan mencampurkan belimbing atau wortel untuk mendapatkan manfaat yang lebih manjur.

8. Daun Sirih

Daun sirih memiliki khasiat untuk mengobati mata minus berkat kandungan minyak esensial, seperti sineol, eugenol, kadinen, dan kavikol. Minyak esensial dalam daun sirih juga mengandung gula, zat samak, pati, seskuiterpen, dan kavikol. Kavikol berguna untuk membunuh jamur, bakteri, dan sebagai antioksidan.

Untuk mengurangi mata minus dengan daun sirih, Anda hanya perlu menempelkan daun sirih yang telah di cuci di mata saat sebelum tidur dan lepaskan daun sirih saat pagi hari. Anda juga bisa merendam mata dalam air sirih. Pada mata yang sudah terendam air, cobalah untuk membuka mata agar air daun sirih masuk ke mata. Lakukan hal ini selama 30 menit setiap hari.

9. Lepas Kacamata Ketika Tidak Diperlukan

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk melihat ke arah lainnya.

Lepaslah kacamata Anda setiap kali tidak di perlukan. Ketika Anda masih bisa melakukan aktivitas tertentu tanpa kacamata, maka lebih baik tidak memakai kacamata. Hal ini juga dapat mengurangi efek mata lelah karena terlalu lama memakai kacamata.

10. Periksa Mata Secara Berkala

Periksa mata secara berkala Dengan memeriksa mata secara berkala, Anda akan mengetahui kondisi mata Anda, Jika ada kelainan, Anda akan lebih cepat mengatasinya dan mencegah kondisi yang tidak di inginkan.
Itulah cara mengurangi mata minus. Dengan melalukannya di rumah, Anda akan mendapatkan mata yang lebih sehat dan optimal.
Kesehatan